Sunday, April 27, 2014

KOMUNIKASI MASSA

A. PENGERTIAN KOMUNIKASI MASSA

Definisi komunikasi massa yang paling sederhana dikemukakan oleh Bittner (Rakhmat, 2003:188), yakni : Komunikasi massa adalah pesan yang dikomunikasikanmelalui media massa pada sejumlah besar orang.
Dari definisi tersebut dapat di ketahui bahwa komunikasi massa itu harus menggunakan media massa.

Defini komunikasi massa yang lebih terperinci dikemukakan oleh ahli komunikasi lain, yaitu Gerbner. Menurut Gerbner (1967) komunikasi massa adalah produksi dan distribusi yang berlandaskan teknologi dan lembaga dari arus pesan yang kontinyu serta paling luas dimiliki orang dalam masyarakat industri.

Dari defini Gerbner tergambar bahwa komunikasi massa itu menghasilkan suatu produk berupa pesan pesan komunikasi. produk tersebut disebarkan, di distribusikan kepada khalayak secara luas dan terus menerus dalam jarak waktu yang tetap, misalnya Harian, Mingguan, Dan Bulanan.

B. KARAKTER KOMUNIKASI MASSA

Komunikasi massa berbeda dengan komunikasi antarpesona dan komunikasi kelompok. perbedaannya terdapat dalam komponen komponen yang terlibat didalamnya, dan proses berlangsungnya komunikasi tersebut. Namun agar karakteristik komunikasi massa itu tampak jelas, maka pembahasannya perlu dibandingkan dengan komunikasi antar pesona. karakter komunikasi massa adalah sebagai berikut :

1. Komunikator terlembagakan
Ciri komunikasi massa yang pertama adalah komunikatornya. Komunikasi massa itu selalu menggunakan media massa, baik cetak maupun elektronik. Dengan mengingat kembali kepada Wright, bahwa komunikasi massa itu melibatkan lembaga, dan komunikatornya bergerak dalam organisasi yang kompleks.

2. Pesan Bersifat Umum
Komunikasi itu bersifat terbuka, artinya komunikasi massa itu ditujukan kepada semua orang dan tidak di tujukan untuk sekelompok orang tertentu. Pesan komunikasi massa dapat berupa fakta, peristiwa, atau opini.

3. Komunikannya Anonim dan Heterogen
Komunikan pada komunikasi massa bersifat anonim dan heterogen. Pada komunikasi antar pesona, Komunikator akan mengenal komunikannya, mengetahui identitasnya, seperti : nama, pendidikan, pekerjaan, tempat tinggal, dan mungkin mengenal sikap bahkan perilakunya.

4. Media Massa menimbulkan keserempakan
Kelebihan komunikasi massa dibandingkan dengan komunikasi lainnya adalah jumlah sasaran khalayak atau komunikan yang dicapainya relatif dan tidak terbatas. Bahkan lebih dari itu, komunikan yang banyak tersebut secara serempak pada waktu yang bersamaa memperoleh pesan yang sama pula.

5. Komunikasi Mengutamakan Isi ketimbang Hubungan
Salah satu prinsip komunikasi adalah bahwa komunikasi mempunyai dimensi isi dan dimensi hubungan (Mulyana, 2009:99). Dimensi isi menunjukkan muatan atau isi komunikasi, yaitu apa yang dikatakan, sedangkan dimensi hubungan menunjukkan bagaimana cara mengatakannya, yang juga mengisyaratkan bagaimana hubungan para peserta komunikasi itu.

6. Komunikasi Massa bersifat satu arah
Karena komunikasinya melalui media massa, maka komunikator dan komunikannya tidak dapat melakukan kontak langsung. Komunikatornya aktif menyampaikan pesan, komunikannya pun aktif menerima pesan, namun diantara keduanya tidak terdapat melakukan dialog sebagaimana halnya terjadi dalam komunikasi antar pesona. dengan kata lain, komunikasi massa bersifat satu arah.

7. Stimuli Alat Indra Terbatas
Dalam komunikasi massa, stimulasi alat indra bergantung pada jenis media massa. Pada surat kabar dan majalah pembaca hanya melihat. Pada radio siaran dan rekaman auditif, khalayak hanya mendengar, sedangkan pada media televisi dan film, kita menggunakan indra penglihatan dan pendengaran.

8. Umpan Balik Tertunda dan Tidak Langsung
Komponen umpan balik atau yang lebig dikenal sebagai Feedback, merupakan faktor penting dalam proses komunikasi antar pesona, komunikasi kelompok, dan komunikasi massa, Efektivitas komunikasi seringkali dapat dilihat dari feedback yang disampaikan oleh komunikan.

C. PERANAN KOMUNIKASI MASSA

Berbicara Tentang Wide angle lens atau wide angle view, GAMBLE dan GAMBLE (2001) mengatakan, sejak lahir sampai meninggal, semua bentuk komunikasi memainkan peranan dan menjadi bagian yang menyatu dalam kehidupan manusia. Apapun pekerjaan, kegiatan atau waktu luang seseorang, komunikasi merupakan salah satu faktor yang memiliki peranan dalam kehidupan mereka. Bila kita menganalisis bagaimana orang orang menghabiskan waktu luang dari waktu kesehariannya bekerja, maka sebagian besar dari aktivitas mereka dihabiskan untuk berkomunikasi.
Kita banyak menghabiskan waktu dengan berbagai bentuk komunikasi massa. Berapa jam waktu yang kita gunakan dengan media?, di Indonesia ini dengan adanya 11 stasiun televisi nasional, Ratusan radio siaran, ratusan surat kabar dan majalah, serta bermuncullanya bisokop bioskop di mall atau supermall, banyak orang yang diterpa atau menerpakan diri pada media massa tersebut.

D. FUNGSI KOMUNIKASI MASSA PADA MASYARAKAT

Fungsi Komunikasi massa menurut Dominick (2001) :
1. Surveilance ( Pengawasan)
2. Interpretation ( Penafsiran)
3. Linkage ( Pertalian)
4. Transmission Of Values ( Penyebaran Nilai Nilai)
5. Entertainment ( Hiburan)

Effendy (1993) mengemukakan fungsi komunikasi massa secara umum :
1. Fungsi Informasi
2. Fungsi Pendidikan
3. Fungsi memengaruhi

Devito(1996) menyebutkan fungsi komunikasi massa secara khusus yaitu :
1. To Persuade (myakinkan)
2. Status Conferal ( Menganugerahkan status)
3. Narcotization ( Fungsi Membius)
4. Fungsi menciptakan rasa bersatu
5. Fungsi privatisasi

E. BAGAIMANA ORANG MENGGUNAKAN MEDIA MASSA

Kebutuhan aktual dipuaskan oleh media yang disebut media gratifications. Sejumlah peneliti mengklasifikasikan berbagai penggunaan dan kepuasan kedalam empat kategori sistem :
a. Cognition (Pengetahuan)
b. Diversion (Hiburan)
c. Social utility ( Kepentingan sosial)
d. Withdrawal ( Pelarian )

No comments: